Sontak Banjir Komentar Andien Justru Pamer Berkunjung menuju Disneyland Virus Corona Mewabah di China

Penyanyi Andien baru baru ini membagikan foto liburannya saat berkunjung ke Disneyland Hong Kong bersama keluarga kecilnya. Foto liburan Andien bersama sang suami Irfan Wahyudi dan juga anaknya Kawa itu diunggah melalui Instagram milikinya @andienaisyah pada Sabtu (25/1/2020). Melalui caption Andien mengatakan bahwa keadaan di Disneyland Hong Kong sangat sepi.

Lantaran tak padat pengunjung, ia mengaku bisa berkeliling hingga dua kali dengan anaknya dan juga sang suami. "Disneyland pertamanya Kawa Seru juga ke Disneyland bareng anak 3 tahun. Banyak pertanyaan dan banyak penasaran," tulis @andienaisyah. "Walaupun agak bingung karena baru sekali liat karakter karakter ini, tapi seru naik banyak ride dan kebetulan juga Disneyland lagi kosong banget," lanjutnya.

Saking sepinya di tempat hiburan itu, Andien bahkan hanya perlu menunggu sebentar untuk menikmati wahana yang ada. "Hampir semua ride kira kira cuman 5 menit ngantrinya. Makanya kita bisa muterin Disneyland ampe dua kali," ucapnya. "Tapi beneran deh.. Nggak dewasa, nggak anak anak, setiap detilnya bikin orang happy #latepost," tulis Andien di akhir caption dengan emotikon tertawa.

Postingan dari Andien itu pun mengundang banyak komentar dari para pengguna Instagram. Kebanyakan dari mereka khawatir dengan keadaan Andien yang berada di Hong Kong. Pasalnyasaat ini, negara Tiongkok sedang mengalami wabah Virus Corona yang membuat seluruh dunia gempar.

"Ya kosonglah, orang pada takut wabah," tulis @finiradjb. "Mba ngeri banget, iyalah sepi mba kan lagi ada virus corona, semua pelancong jd hati2 ke tempat publik gt. Semoga dilindungi Allah selalu ya mba Andien dan kluarga," kata @toko.momsay. "Ya kagak ngantri mba kan lagi nyebar virus corona, pie tho," @denasalman_

Sementara itu seorang pengguna Twitter dengan nama @Adiitoo yang juga sempat memberikan komentar kurang menyenangkan terkait postingan Andien itukini meminta maaf. Pada awalnya @Adiitoo ikut berkomentar perihal Andien yang tampak tenang berada di Hong Kong saat Virus Corona tengah mewabah. Ia bahkan sempat menyebut bahwa Andien tak sadar bila ada banyak orang yang ketakutan dengan virus tersebut.

Tak lama setelah memposting hal itu dan mendapatkan hujatan @Adiitoo pun membuat sebuah klarifikasimengenai unggahan yang ia tulis. "Teman teman, dengan penuh kesadaran saya menyatakan bahwa semalam sudah mencuitkan sesuatu yang ternyata keliru Dengan ini saya meminta maaf kepada Andien dan keluarga, dan akan menghapus semuanya," tulis @Adiitoo.

Diketahui @Adiitoo meminta maaf setelah seorang pengguna Twitter lainnya menyebut foto Andien dan keluarga yang berkunjung ke Disneyland adalah foto lama. "Foto lama kali dan sudah terlanjur jadwal posting, Disneyland tutup dari Sabtu," kata @semangkasegar. Meskipun @Adiitoo sudah meminta maaf kepada Andien dan keluarga, penyanyi tersebut hingga kini belum mengkonfirmasi mengenai keadaannya yang sempat berada di Hong Kong.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, virus corona adalah keluarga virus yang menyebabkan penyakit mulai dari flu biasa, hingga penyakit yang lebih parah seperti Middle East respiratory syndrome (MERS) dan severe acute respiratory syndrome (SARS). Virus ini ditularkan antara hewan dan manusia. SARS, misalnya, diyakini telah ditularkan dari luwak ke manusia, sementara MERS melakukan perjalanan dari sejenis unta ke manusia.

Beberapa virus coronaumumnya beredar pada hewan yang belum menginfeksi manusia. Nama virus corona berasal dari kata Latin corona, yang berarti mahkota atau halo. Di bawah mikroskop elektron, gambar virus mengingatkan kita pada korona matahari.

Virus corona baru, yang diidentifikasi oleh otoritas China pada 7 Januari dan saat ini dinamai 2019 nCoV, adalah jenis baru yang sebelumnya tidak diidentifikasi pada manusia. Sedikit yang diketahui tentang itu, meskipun penularan dari manusia ke manusia telah dikonfirmasi. Menurut WHO, tanda tanda infeksi termasuk gejala pernapasan, demam, batuk, sesak napas dan kesulitan bernapas.

Dalam kasus yang lebih parah, dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, dan bahkan kematian. Masa inkubasi virus corona masih belum diketahui. Beberapa sumber mengatakan itu bisa antara 10 hingga 14 hari.

Beberapa ahli mengatakanvirus baru inimungkin tidak semematikan seperti jenis virus corona lain, seperti SARS, yang menewaskan hampir 800 orang di seluruh dunia selama wabah pada 2002 2003 yang juga berasal dari China. MERS, yang tidak menyebar luas, lebih mematikan, membunuh sepertiga dari mereka yang terinfeksi. Sebagian besar kasus telah dilaporkan di Tiongkok.

Pada Jumat (24/1/2020), para pejabat China mengatakan sedikitnya 26 orang telah tewas, semuanya di Provinsi Hubei, di mana Wuhan adalah ibu kotanya. Di situlah juga sebagian besar dari 830 kasus yang dilaporkan. Negara negara lain telah melaporkan jauh lebih sedikit kasus, dalam contoh di bawah ini kurang dari 10.

Di antaranya: Thailand; Singapura; Vietnam; Jepang; Amerika Serikat; Korea Selatan; Perancis dan Nepal. Semua kasus melibatkan orang orang yang datang dari Wuhan atau baru baru ini ke sana. Sampai sekarang, belumada vaksin untuk virus corona jenis baru ini.

Pihak berwenang China secara efektif menutup Wuhan pada hari Kamis, menangguhkan penerbangan dan kereta ke luar kota. Mereka juga mengatakan kepada pendudukuntuk tidak dapat pergi tanpa alasan khusus, kata media pemerintah. Langkah itu dimaksudkan untuk "secara tegas mengandung momentum penyebaran epidemi" dan melindungi kehidupan, kata pusat komando khusus kota.

Setidaknya 12 kota China lainnya ditambahkan ke larangan transportasi pada hari Jumat, yang mana memengaruhi lebih dari 20 juta orang. Pemerintah China juga telah meningkatkan upaya pemantauan dan desinfeksi sebelum liburan Tahun Baru Imlek. Otoritas bandara dari Asia dan Timur Tengah ke Eropa dan AS juga menyaring penumpang dengan ketat.

Otoritas kesehatan China masih berusaha untuk menentukan asal virus, yang mereka katakan berasal dari pasar makanan laut di Wuhan, di mana satwa liar juga diperdagangkan secara ilegal. WHO juga mengatakan sumber hewan tampaknya paling mungkin menjadi sumber utama wabah. Ular termasukkobra mungkin menjadi sumber virus yang baru ditemukan, menurut para ilmuwan China.

Ada bukti penularan virus melalui pernapasan dari pasien ke pasien, dan otoritas China mengatakan 15 staf medis di negara itu telah terinfeksi. Para ahli khawatir ketika petugas kesehatan sakit selama wabah corona baru. Hal itu karena penyakit ini menjadi lebih menular, dan karena penyebaran di rumah sakit sering kali dapat memperbesar epidemi.

Wabahcorona baru belum merupakan keadaan darurat global, WHO mengatakan, pihaknya mendesak China untuk menjaga kuncinya. Ketua WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan kepada wartawan, bahwa keputusan untuk menunda mengeluarkan deklarasi yang digunakan untuk epidemi paling parah, tidak boleh dianggap sebagai tanda bahwa badan tersebut tidak berpikir situasinya serius. "Ini darurat di China, tetapi belum menjadi darurat kesehatan global," katanya kepada wartawan.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *