Rowo Bayu Banyuwangi, Telaga yang Dikaitkan dengan Kisah KKN di Desa Penari

Telaga Rowo Bayu Banyuwangi ramai diperbincangkan setelah dikaitkan dengan kisah KKN Desa Penari yang viral di medsos. Kisah KKN Desa Penari awalnya diunggah oleh akun Twitter @SimpleM81378523. Akun tersebut menjelaskan kejadian yang dituliskannya berdasarkan kisah nyata mahasiswa KKN di sebuah desa terpencil yang disebutnya Desa Penari.

Meski berdasarkan kisah nyata, akun [email protected] tak mau menyebut lokasi di mana kejadian tersebut. Namun ia sempat mengunggah foto sebuah telaga dalam tweet klarifikasi soal kisah KKN Desa Penari. Foto itu diunggah bukan karena Rowo Bayu Banyuwangi lokasi sungguhan dari kisah KKN Desa Penari, melainkan hanya sebagai gambaran seperti apa salah satu tempat dalam cerita yang viral di medsos itu.

“Foto ini adalah foto rowo bayu yang sebenarnya bukan tempat yg saya ceritakan. bukan. foto ini saya ambil dari google atas saran narasumber yg ingin menggambarkan Petilasan yg beliau ceritakan yg menyerupai rowo bayu ini, karena narsum pernah juga ketempat ini,” tulis akun Twitter @SimpleM81378523 pada Minggu (25/8/2019). Nah, Rowo Bayu Banyuwangi sendiri merupakan salah satu tempat wisata di Banyuwangi. Rowo Bayu Banyuwangi yang berupa telaga ini tepatnya ada di Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi.

Kalau dari pusat kota Banyuwangi jaraknya sekitar 35 km. Dikutip dari Kompas.com, di Rawa Bayu Banyuwangi terdapat petilasan Prabu Tawang Alun, Raja Blambangan, serta ada tiga mata air atau sendang. Ketiganya bernama Sendang Keputren, Sendang Wigangga dan Sendang Kamulyan.

Sendang Wigangga berupa pancuran patung yang berbentuk seorang wanita membawa kendi, sedangkan Sendang Kamulyan posisinya berada di belakang petilasan. Selain itu terdapat Candi Puncak Agung Macan Putih yang didirikan untuk menghormati roh para leluhur, yang telah berjasa dalam mempertahankan tanah Blambangan saat Perang Puputan Bayu tahun 1771. Telaga Rowo Bayu Banyuwangi ini tampak asri dengan pepohonan rimbun di sekitarnya.

Berada di ketinggian sekitar 800 mdpl, udara di Rowo Bayu Banyuwangi pun terasa sejuk. Berbagai sisi kawasan Wana Wisata Rowo Bayu Banyuwangi juga instgramable. Banyak spot foto yang menarik buat mengabadikan momen di Rowo Bayu Banyuwangi dalam jepretan kamera.

Traveler yang datang kemari, jangan lupa isi penuh baterai ponsel maupun kamera agar puas foto foto. Tentunya, Rowo Bayu Banyuwangi cocok menjadi salah satu destinasi liburan akhir pekan yang menyenangkan buat traveler. Di momen liburan akhir pekan, traveler dapat kabur sejenak dari wilayah perkotaan dan bersantai di tempat yang sejuk dan tenang seperti Rowo Bayu Banyuwangi.

Selain Rowo Bayu Banyuwangi, ada beberapa tempat wisata di Banyuwangi yang jadi favorit. Simak aneka tempat wisata di Banyuwangi berikut ini: Taman Nasional Baluran di Jawa Timur adalah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat berada di Banyuwangi.

Taman Nasional Baluran berada di wilayah banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo, Banyuwangi. Taman Nasional Baluran menawarkan pemandangan khas Afrika dan jarang ditemui di tempat lain. Saat datang ke Taman Nasional Baluran, traveler disuguhkan pemandangan padang savana dengan banyak satwa liar.

Taman Nasional ini berada di sebelah selatan Banyuwangi. Menurut sitos setempat, hutan ini dikenal cukup angker. Namun, perlu kamu tahu Taman Nasional Alas Purwo punya hutan yang masih alami.

De Djawatan Benculuk di Banyuwangi jadi satu destinasi menarik yang dikunjungi saat backpackeran di Banyuwangi. De Djawatan Benculuk ini menawarkan pemandangan alam yang luar biasa dan mirip hutan yang berusia ratusan tahun Pesona yang ditawarkan De Djawatan Benculuk ini adalah pohon pohon trembesi tua yang berukuran besar.

Pepohonan trembesi ini jadi semakin indah karena ada paku pakuan atau semacam benalu di pohon pohon trembesi tua di tempat ini. Bangsring Underwater yang berada di Desa Basring, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi ini menawarkan pesona bawah laut yang indah dan juga perairan yang indah. Saat ini Bangsring Underwater memiliki berbagai fasilitas wisata air yang cukup lengkap seperti rumah apung, kerambah dengan hiu, banana boat, kano hingga kapal.

Wisata Pinus Songgon adalah destinasi alam yang bisa jadi alternatif saat liburan di Banyuwangi, Jawa Timur. Wisata Pinus Songgon terletak di Sumberagung, Sumberbulu, Songgon, Banyuwangi. Traveler bisa mengunjungi Wisata Pinus Songgon dengan waktu sekitar 60 menit dengan kendaraan bermotor dan 1,5 jam dengan mobil pribadi.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *