Ratusan Pelajar Hendak Demo di Gedung DPR RI Telah Dipulangkan dari Polres Jakarta Barat

Sebanyak 144 pelajar yang diamankan saat hendak mengikuti unjuk rasa di depan Gedung DPR RI, Rabu (25/9/2019) kemarin telah dipulangkan. Kasat Binmas , AKBP Ganet Sukoco mengatakan, para ini dibebaskan setelah mereka dijemput dengan oleh dan pihak sekolah. Ganet menjelaskan 144 tingkat SMP dan SMA itu berasal dari 29 sekolah di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Tangerang.

Mereka diamankan di Jalan S. Parman, Slipi saat hendak menuju untuk bergabung bersama lainnya. "Dan kami juga memberikan imbauan agar diadakan pembinaan kepada para siswa," kata Ganet. Polda Metro Jaya telah mengamankan 570 yang terlibat bentrok dengan aparat saat aksi unjuk rasa di Gedung DPR RI berujung kericuhan, Rabu (25/9/2019).

Kepala Bidang (Kabid) Humas Kombes Argo Yuwono mengatakan, beberapa tersebut kedapatan membawa senjata tajam (sajam). Namun, Argo mengaku belum bisa merincikan jumlah yang membawa sajam. "Ada beberapa yang kita amankan juga bawa sajam. Nanti kami cek lagi jumlahnya karena ini masih didata," kata Argo di , Kamis (26/9/2019).

Saat ini, lanjut dia, pihaknya masih mengidentifikasi barang bukti yang disita dari para . Ia menegaskan, Polisi bakal menindak yang terbukti menggunakan sajam. "Kalau dia gunakan sajam, kami gunakan UU darurat ya. Nanti kami cek prosesnya seperti apa," tutur Argo.

Sebelumnya, ratusan berunjuk rasa di sekitar Gedung DPR. Salah satunya di dekat Stasiun Palmerah. Aksi itu diwarnai kericuhan. Massa melemparkan batu, botol beling, hingga bom molotov ke arah polisi. Massa juga sempat membakar motor, pagar dan marka jalan.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *