Rahasia di Balik Kuliner Favorit Jokowi di Kota Solo, Ayam Goreng Mbah Karto hingga Soto Triwindu

Kota Solo adalah kota kelahiran Presiden Joko Widodo (Jokowi). Setiap kali pulang ke Kota Solo, Jokowi selalu menyempatkan diri untuk menikmati kuliner Kota Solo dan sekitarnya yang menggugah selera. Dalam video yang diunggah di akun Instagram tersebut, Ayam Goreng Mbah Karto, Soto Gading dan Soto Triwindu menjadi kuliner favorit Jokowi ketika berada di kampung halaman.

Video yang juga diunggah di akun YouTube Presiden Joko Widodo #JKWKULINER Makan makan di Solo (Episode 1) mengungkapkan rahasia kelezatan kuliner favorit Jokowi di Solo dan sekitarnya, di antaranya: Tempat wisata kuliner bergaya rumah tradisional Jawa ini menjadi satu kuliner favorit Jokowi ketika pulang ke Solo. Dalam video yang diunggah dalam YouTube Jokowi, sang pemilik Rumah Makan Ayam Goreng Mbah Karto Tembel berbagi tentang rahasia kelezatan Ayam Goreng Mbah Karto.

"Keistimewaannya kalau di sini fresh, memasak langsung digoreng nggak dikasih kulkas," ujarnya. Selain itu, rahasia lainnya yakni ayam dimasak dengan santan kurang lebih satu setengah jam sebelum akhirnya digoreng. Setelah bumbu meresap dengan sempurna dan ayam sudah empuk barulah diangkat.

Santan yang sudah kering lantas tidak dibuang begitu saja, melainkan dibuat sambal yang dinamakan sambal blondho. Kuliner favorit kedua Jokowi ketika pulang ke Solo yakni Soto Gading. Yang menjadi rahasia kelezatan Soto Gading yakni lauknya yang beraneka ragam.

Sang pemilik Soto Gading, Toni mengaku jika resep soto yang digunakan sama seperti soto pada umumnya yakni berupa bawang merah, bawang putih, dan garam. "Kalau resep, kalau resep secara konteks soto itu hampir semuanya sudah tahu. Apa itu bawang merah, bawang putih, garam, sama aja kan gitu," ujarToni, pemilik Soto Gading. Namun, yang membuat Soto Gading diminati banyak orang termasuk Jokowi karena lauknya yang beragam.

"Makanannya menunya satu, lauknya banyak. Orang tinggal milih, hari minggu, aku ke warung soto, nanti soto sama sosis. Senin, soto sama apa terus gitu. Jadi terus ke Soto Gading aja gitu,"ujar Toni, pemilik Soto Gading. Warung soto yang sudah ada sejak tahun 1939 ini juga menjadi tempat kuliner favorit Jokowi ketika pulang ke Solo. Dinamakan Soto Triwindu karena lokasinya yang ada di area Pasar Triwindu.

Murwani, pemilik Soto Triwindu mengungkapkan jika keistimewaan dari Soto Triwindu ini adalah kuahnya yang cita rasa yang khas. "Yang paling istimewa kuahnya yang berbeda dari yang lain," ujar Murwani, pemilik Soto Triwindu. Satu porsi Soto Triwindu biasa disajikan dengan nasi, tauge, seledri, daging ditaburi bawang goreng.

Untuk lauknya ada daging, empal, paru, otak, lidah, tempe, tahu dan lento. Meski ada lauk beragam, pemilik Soto Triwindu mengaku jika Jokowi menyukai tempe daun yang digoreng garing, lidah dan paru goreng. "Jokowi sukanya lauknya tempe daun garing, lidah goreng dan paru goreng," tambahnya.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *