Pramugari Ini Terlempar menuju Atas Kabin saat Terjadi Turbulensi Parah

Peristiwa turbulensi parah kembali terjadi di pesawat. Turbulensi parah ini terjadi di maskapai ALK Airlines beberapa waktu lalu. Diwartakan ABC News, video turbulensi parah yang diambil seorang penumpang ini terjadi dalam penerbangan dari Pristina, Kosovo ke Basel, Swiss.

Peristiwa turbulensi ini dilaporkan terjadi pada Minggu (16/6/2019). Video turbulensi berdurasi 30 detik ini memperlihatkan seorang pramugari terlempar hingga kelangit langit kabin. Sebelum terjadi goncangan, pramugari tersebut membawa nampan berisi air.

Para penumpang terlihat panik dan tampak berdoa saat guncangan dahsyat terjadi di dalam pesawat. Penumpang yang dis ekitar pramugari tersebut dilaporkan mengalami luka bakar akibat air panas yang dibawa pramugari tumpah. Menurut juru bicara EuroAirport, 10 penumpang dikirim ke rumah sakit setempat di Basel dan menderita luka ringan.

"Penerbangan dari Pristina dengan maskapai ALK mengalami turbulensi di udara sekitar 20 menit sebelum mendarat," kata juru bicara EuroAirport kepada ABC News. Pilot yang membawa pesawat tersebut memberitahu petugas agar bersiap siap di bandara begitu pesawat tiba. Menurut keterangan ALK Airlines, turbulensi ini sudah diprediksi bakal terjadi.

Saat turbulensi, pramugari disebutkan sedang mengumpulkan gelas dari penumpang. Saat turbulensi biasanya pramugari duduk di depan tapi ALK Airlines mengatakan pramugari yang terpental hingga ke atas dalam kondisi yang baik. Dilansir dariMirror, teknik menenangkan diri dari turbulensi ternyata adalah pulpen.

Teknik ini menggunakan pulpen unruk mengalihkan perhatian otak dari bahaya yang dirasakan saat turbulensi. Eksperimen ini dibantu oleh seorang pilot KaptenRon Nielsen. Pilot 40 tahun ini menginstruksikan penumpang untuk mengambil bolpoin di tangan dan menulis namanya berulang ulang.

Teknik ini mempunyai dua fungsi. Pertama, teknik tersebut bisa jadi pengalih perhatian turbulensi. Kedua, tindakan tersebut bisa membuat ganguan pada proses berpikir karena melintasi fungsi motorik otak.

Dikutip dari Kompas.com, ada pula sejumlah hal yang sebaiknya diperhatikan saat terjadi turbulensi. 1. Baca buku petunjuk Banyak penumpang pesawat mengabaikan hal satu ini.

Buku petunjuk biasanya disimpan di kantong bangku di depan. Saat mulai terjadi goncangan, cobalah membacanya secara cepat agar sigap dengan apapun yang akan terjadi. 2. Tetap gunakan sabuk pengaman

Saat terjadi turbulensi, tetaplah duduk di kursi dan gunakan sabuk pengaman. Tak jarang guncangan keras mengakibatkan benturan. Traveler baru bisa meninggalkan kursi, misal ke toilet, ketika lampu kenakan tanda pengaman sudah padam.

3. Perhatikan barang di kabin Saat turbulensi, bukan hal yang mustahil pintu kabin di atas akan terbuka dan barang pun berjatuhan. Perhatikan barang di kabin atas sehingga bisa mengantisipasi jika terbuka sewaktu waktu.

4. Tetap tenang Hal terpenting yang harus dilakukan adalah tetap tenang. Lakukan arahan pilot, misal dengan mengencangkan sabuk pengaman.

Berdoalah jika hal tersebut bisa membuat traveler merasa lebih tenang.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *