Perhatikan Sebelum Terlambat! Inilah Tanda dan Gejala Anemia yang Sering Disepelekan

Berikut ini tanda dan gejala anemia yang sering disepelekan oleh sebagian orang. Anemia merupakan kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah. Sel darah merah berperan penting dalam membawa oksigen ke tubuh dan mengganti karbon dioksida.

Apabila ini terjadi, maka tubuh akan mengandung banyak karbon dioksida yang dapat menimbulkan berbagai tanda. Mungkin tanda tanda ini dianggap sepele dan dianggap sebagai gejala kelelahan biasa. Kadar hemoglobin yang rendah membuat jantung bekerja lebih keras dari biasanya untuk memompa darah dari sistem.

Jantung harus bekerja ekstra untuk memberikan kadar oksigen yang cukup. Hal ini akan menimbulkan detak jantung yang tidak teratur. Saat tubuhmu tidak mendapat asupan oksigen yang cukup atau kekurangan sel darah merah maka kulit akan mengalami perubahan warna.

Kulit akan terlihat sangat pucat. Seluruh tubuh akan mengalami hal ini terutama pada bagian tangan, kelopak mata bawah, dan lidah. Seluruh organ membutuhkan asupan oksigen termasuk otak.

Jika kadar oksigen lebih sedikit dari yang dibutuhkan oleh tubuh, maka seseorang tidak dapat berpikir dengan baik dan mengalami masalah dalam konsentrasi. Kadar oksigen yang kurang dalam organ akan membuat tubuh bekerja lebih keras untuk menghasilkan energi yang cukup. Proses ini membuat kamu merasa lelah dan letih.

Para peneliti belum memiliki penjelasan secara pasti mengapa anemia menyebabkan gangguan. Gangguan paling umum adalah kamu selalu ingin mengkonsumi kapur ataupun es. Sebagian besar orang mengalami bibir kering atau pecah pecah karena suhu, matahari, dan lainnya.

Namun anemia akan membuat area bibirmu bermasalah yang akan berpengaruh pada sudut bibirmu. Sudut bibirmu bermasalah seperti mengalami keretakan. Berhati hatilah jika kukumu rapuh dan berbentuk seperti sendok.

Mungkin kamu menderita anemia. Karena kuku juga membutuhkan oksigen agar tetap sehat.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *