Penderita Diabetes Jangan Sembarangan Makan Buah

Penderita diabetes sangat perlu menjaga asupan makanan yang dikonsumsi supaya tidak menyebabkan gula darah meningkat. Gula darah yang meningkat pada pendetita diabetes dapat memiucu peningkatan jenis diabetes maupun jenis penyakit lainnya. Untuk buah buahan sebaiknya para pemilik diabetes tidak mengonsumsi buah yang terlalu manis untuk menghindari kelebihan gula dan kalori.

Ketua Umum Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI), dr. Ketut Suastika, SpDD KEMD menyebutkan satu yang berbahaya diantaranya adalah durian. Satu biji durian ternyata sama dengan satu porsi nasi, yang berarti tinggi kalori dan tidak baik bagi penderita diabetes. “Pokoknya kalau diabetes hindari buah yang terlalu manis karena kalorinya tinggi, misalnya durian wah satu biji durian montong itu sama dengan satu piring nasi, jadi enggak bagus untuk diabet karena kalorinya tinggi sekali,” papar dr. Ketut saat ditemui di acara peluncuran Aplikasi Deep diabetes, di Jakarta Pusat, Senin (1/7/2019).

Adapun beberapa buah rendah kalori yang disarankan bagi penderita diabetes di antaranya adalah apel, melon tapi yang diproduksi lokal. “Buah lokal tidak terlalu manis dibandingkan buah impor jadi bisa pilih buah lokal,” kata dr, ketut. Kemudian makanan lainnya seperti nasi bisa diantisipasi kadar gulanya dengan memilin nasi bebas gula atau nasi merah yang kandungan kalorinya dikit.

“Untuk porsi yang sama, nasi putih sekian kalori, kalau beras merah kalorinya lebih kecil,” pungkas dr. Ketut.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *