Menlu Retno Temui Menlu Tiongkok Bahas Kerjasama Sukseskan Presidensi Indonesia di DK PBB

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan dirinya telah bertemu dengan Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi dalam pertemuan bilateral pada Rabu, 24 April kemarin. "Mulai kemarin tanggal 24 April saya sendiri juga sudah melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi," ujar Retno Marsudi saat ditemui di Kempinski Hotel, Beijing, Tiongkok, Kamis (25/4/2019). Dalam pertemuan tersebut, Retno Marsudi dan Wang Yi membahas mengenai sejumlah isu, beberapa diantaranya mengacu pada isu internasional.

"Dan kita juga sudah membahas beberapa hal termasuk hal hal yang terkait dengan isu isu internasional," jelas Retno Marsudi. Satu di antaranya adalah pembahasan tentang United Nation (UN) Security Council. Perlu diketahui, Tiongkok merupakan anggota permanen dalam Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa bangsa (PBB), sementara Indonesia merupakan anggota tidak tetap.

Namun Indonesia, kata Retno Marsudi, akan melakukan kerjasama dengan Tiongkok. "Misalnya mengenai masalah UN Security Council, karena baik Tiongkok sebagai permanent member , Indonesia sebagai anggota tidak tetap duduk di Dewan Keamanan PBB, dan bulan depan Indonesia akan memegang presidensi Dewan Keamanan PBB," kata Retno. Hal itu untuk melancarkan langkah Indonesia pada Mei mendatang sebagai Presiden DK PBB.

"Oleh karena itu kita sepakat untuk melakukan kerjasama dalam konteks mensukseskan presidensi Indonesia di Dewan Keamanan PBB," pungkas Retno Marsudi.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *