Liburan ke Luar Negeri? Wajib Tahu 14 Jenis Stop Kontak yang Berlaku di Dunia

Liburan ke luar negeri tentu harus menyiapkan bujet, fisik, hingga itinerary. Selain itu, saat liburan ke luar negerti traveler juga harus mengetahui jenis stop kontak yang digunakan di negara tujuan. Ke 14 jenis stop kontak tersebut ditandai dengan huruf A hingga N, dengan bentuk dan letak lubang yang berbeda beda.

Meski begitu ada beberapa jenis stop kontak yang bentuknya hampir mirip dan cocok satu sama lain. Berikut jenis jenis stop kontak yang harus traveler ketahui sebelum liburan ke luar negeri. Stop kontak tipe A dan B digunakan di negara negara di Benua Amerika, seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Selain itu, stop kontak tipe A dan B juga digunakan di Jepang. Stop kontak tipe A cocok untuk tipe B, namun tidak sebaliknya. Stop kontak tipe C digunakan di negara negara Eropa, kecuali Inggris dan Irlandia.

Stop kontak tipe D hanya digunakan di satu negara yaitu India. Selain stop kontak tipe C, sejumlah negara di Eropa juga menggunakan stop kontak tipe E dan F. Beberapa negara yang menggunakan stop kontak tipe E yaitu Prancis, Belgia, Polandia, Slovakia, dan Republik Ceko.

Sementara stop kontak tipe F digunakan di Jerman, Austria, Belanda, dan Spanyol. Stop kontak tipe G digunakan di Inggris, Irlandia, Siprus, dan Malta. Stop kontak tipe H hanya berlaku di Israel.

Meski begitu, negara ini juga menggunakan stop kontak tipe C. Stop kontak tipe I berlaku di Australia dan Selandia Baru. Selain kedua negara tersebut, stop kontak tipe I juga digunakan di China dan Argentina.

Memiliki tiga lubang, stop kontak tipe J digunakan di Swiss dan Liechtenstein. Kedua negara ini juga menggunakan stop kontak tipe C. Stop kontak tipe K digunakan di Denmark dan Greenland.

Selain itu, Denmark dan Greenland juga menggunakan stop kontak tipe C. Jenis stop kontak yang digunakan di Italia adalah tipe L yang memiliki tiga lubang vertikal. Selain itu, Italia juga menggunakan stop kontak tipe C.

Stop kontak yang digunakan di Afrika Selatan adalah tipe M. Stop kontak tipe N digunakan di Brasil. Negara ini juga menggunakan jenis stop kontak tipe C.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *