LENGKAP! Bacaan & Niat Puasa Senin – Kamis Berikut Arti & 8 Manfaatnya Bagi Kesehatan

Inilah 8 manfaat Puasa Senin Kamis bagi kesehatan, simak juga bacaan dan niat sebelum menjalankannya. Selain meraih kemuliaan, Puasa Senin juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.Untuk itu, jangan lewatkan Puasa Senin Kamis esok hari! Puasa Senin Kamis dianjurkan oleh Rasulullah SAW, bagi umat muslim baik laki laki maupun perempuan.

Puasa sunnah ini dikerjakan setiap hari Senin dan Kamis. Puasa sunnah berarti jika dilakukan akan mendapat pahala dan jika tidak dilaksanakan juga tidak berdosa. Hari Senin dan Kamis adalah hari amal amal akan diperlihatkan.

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ “Diperlihatkan amal amal pada setiap hari Kamis dan Senin. Maka aku ingin amalku diperlihatkan saat aku berpuasa.” (HR. Tirmidzi; shahih lighairihi) Selain mendapat pahala, puasa sunnah Senin Kamis juga mempunyai manfaat yang luar biasa, terutama bagi kesehatan.

Sebelum membahas manfaat Puasa Senin Kamis, perlu diketahui juga mengenai bacaan niat Puasa Senin Kamis. نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى Tulisan latin : NAWAITU SHOUMA YAUMAL ITSNAINI SUNNATAL LILLAAHI TA’AALA

Artinya : Saya berniat puasa sunnah hari senin karena Allah Ta’ala. نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى Tulisan latin : NAWAITU SHOUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAL LILLAAHI TA’AALA

Artinya : Saya berniat puasa sunnah hari kamis karena Allah Ta’ala. Selain meraih kemuliaan, Puasa Senin Kamis juga mempunyai banyak manfaat, terutama bagi kesehatan. Dengan berpuasa, tentunya tidak banyak timbunan makanan yang bisa berisikan lemak masuk ke dalam tubuh.

Namun, saat berpuasa harus tetap memperhatikan anjuran dan tata caranya agar dalam sekali mengerjakan mendapat keduanya, yakni pahala dan tubuh langsing. Selain itu, tumpukan lemak berlebihan dalam tubuh juga berkurang. Puasa Senin Kamis juga mampu membuat gigi jauh lebih sehat.

Di mana dalam berpuasa gigi sudah pasti akan terasa lebih bersih karena kita tidak melakukan kegiatan makan makanan berlebihan, yang membuat gigi bekerja terus menerus. Namun, saat sahur dan berbuka puasa jangan lupa tetap gosok gigi. Manfaat puasa Senin Kamis lainnya adalah kemampuannya menjaga kadar gula tetap stabil.

Sebuah penelitian mengungkapkan, mereka yang berpuasa, lemak tubuh, ukuran pinggang dan tekanan darah lebih rendah. Ketika menjalankan ibadah puasa sunnah Senin Kamis, kita diharuskan untuk membuat diri kita selalu sadar akan hal hal yang akan di lakukan. Jadilah otak dan otot bisa berhenti sejenak dalam kegiatan yang berat berat.

Alhasil stres bisa di hindari. Salah satu cara yang baik untuk mengasah otak kalian adalah dengan melakukan puasa Senin Kamis. Sering melakukan puasa Senin Kamis, bisa dipastikan akan bisa mengontrol diri dari segala macam hal dan tentulah otak kalian yang harus berfikir bagaimana mengontrolnya.

Sebuah penelitian mengungkapkan, manfaat puasa Senin Kamis bagi kesehatan bisa menurunkan resiko serangan jantung lebih rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tekanan darah sistolik mereka yang berpuasa mengalami penurunan. Penurunan tekanan darah sistolik mengurangi tekanan pada arteri sekaligus risiko serangan jantung.

Puasa Senin Kamis juga mampu menjadi pelindung pelindung tubuh dari segala macam penyakit. Karena sudah banyak dokter yang mengatakan bahwa jika berpuasa bisa memperkecil masuknya racun pada tubuh yang biasanya bisa menempel ke tubuh lewat hidung, mulut, ataupun kulit. Selain berolahraga, puasa Senin Kamis juga dapat mengurangi penuaan dini.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *