Langkah yang Diambil ketika Mobil Terendam Air Termasuk saat Banjir di Jakarta Tips Otomotif

Hujan ekstrem yang mengguyur wilayah Jabodetabek pada pergantian tahun 2020 mengakibatkan banjir di berbagai lokasi. Peristiwa tersebut menyebabkan fasilitas umum rusakhingga adanya korban jiwa. Selain itu, banyak barang berharga warga yang ikut terendam, termasuk kendaraan pribadi.

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan ketika mobil anda terendam banjir. Tak terkecualimendeteksi pergerakan banjir untuk melakukan antisipasi. Ketika mengetahui pergerakannya, segera bawa mobil ke tempat yang lebih tinggi.

Usahakan sisi depan mobil berada di bagian yang paling tinggi saat permukaan lantai miring. Kemudian, kamu bisa segera melepaskan kabel negatif pada aki hingga cek kondisi oli dan bahan bakar. Nah, apa saja langkah lainnya yang bisa dilakukan ketika mobil terendam banjir?

Lebih baik, Anda mengamankan kelistrikan pada mobil dengan cara melepaskan kabel negatif di aki terlebih dahulu. Air menjadi penghantar listri yang menyebabkan arus pendek atau korsleting. Ketika menyalakan mesin yang terendam, air akan mudah masuk ke mesin sehingga menyebabkan korsleting.

Air juga akan menghalangi mesin untuk bekerja normal meskipun sudah dikeringkan. Ketika ingin memindahkan mobil ke tempat lain, lebih baik mendorongnya. Ketika banjir, air akan membuat kampas rem memuai sehingga melekat pada roda.

Oleh karena itu, jangan menggunakan rem parkir untuk mempertahankan posisi mobil, lebih baik gunakan batu sebagai pengganjal. Lengkapi dengan memasukkan perseneling ke gigi 1 (pada mobil manual) atau posisi P (pada mobil matic). Meski banjir telah surut, sebaiknya hindari menyalakan mesin saat itu juga.

Cek terlebih dahulu kondisi oli serta bahan bakar. Kemungkinan, oli serta bahan bakar tercampur air setelah banjir, jadi lebih baik mengurasnya terlebih dahulu. Jangan lupa membawa mobil ke tempat servis untuk melakukan pengecekan.

Jika air tidak naik di atas bagian bawah pintu, mobil mungkin akan baik baik saja. Kerusakan akibat banjir pada umumnya ditanggung oleh asuransi. Jika air masuk ke dalam mobil, jamur akan tumbuh dengan cepat.

Mulailah dengan membuka pintu dan jendela dan meletakkan handuk di lantai untuk menyerap air. Jika saringan udara mengandung air, jangan mencoba menghidupkan mesin. Sistem bahan bakar pada mobil model lama biasanya disegel, tetapi mobil yang lebih tua mungkin perlu dikeringkan sistem bahan bakarnya.

Rem, kopling, power steering, dan reservoir pendingin harus diperiksa apakah ada kontaminasi. Ketika mesin terlihat baik baik, anda bisa memulai periksa semua listrik: lampu, sinyal belok, AC, stereo, kunci daya, jendela dan kursi, bahkan lampu interior. Namun, ketika ada sesuatu yang bermasalah, termasuk transmisi bergeser, itu bisa menjadi tanda masalah listrik.

Sebelum mencoba memindahkan mobil, cari benda benda yang terdapat di sekitar roda, rem, dan bagian bawah bodi mobil.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *