Kemenkes Telusuri Riwayat Penyakit Turis Jepang yang Positif Virus Corona Setelah Berlibur menuju Bali

— Kementerian Kesehatan telah mendapatkan penelusuran kesehatan terkait turis asal Jepang yang diduga positif novel corona virus (COVID 19) setelah pulang dari Indonesia. Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto menjelaskan detil runtutannya. Pria ini sebelumnya pada tanggal 12 Februari 2020 saat berada di Jepang memang sudah sakit tapi tidak perlu dirawat karena diduga hanya penyakit semacam infeksi saluran pernapasan (ISPA).

Kemudian tanggal 13 Februari pria ini masih bekerja, tanggal 14 Februari tinggal di rumah, dan tanggal 15 melakukan perjalanan di Indonesia. Menurut Yuri selama berada di Bali bersama keluarganya hingga tanggal 19 FebruarI pria ini dalam keaaan sehat. “Tanggal 15 bersama keluarga pergi ke Bali sampai tanggal 19 Februari, selama di Bali gak ada keluhan apa apa,” ucap Yuri.

Setelah tanggal 19 Febaruari pulang, pada tanggal 22 pria ini sakit lagi dan kemudian menjalani perawatan di rumah sakit. Hasilnya pasien ini terinvensi virus sars corona virus tipe 2 yang dinilai berbeda dengan novel corona virus atau COVID 19. “Dari rumah sakit setelah diperiksa terinveksi virus sars corona virus tipe 2, Itu beda dengan covid 19 bahkan perbedaanya menurut ahli lebih dari 70 persen perbedaanya jadi bukan COVID 19,” ucap Yuri.

Menurut Yuri tidak perlu khawatir terhadap virus yang menjangkit warga Jepang Tersebut. “Gak perlu kahawatir seperti menghadapi covid karena sars corona virus tipe 2 seperti menjadi flu musiman di Jepang sana,” kata Yuri.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *