Ini Awal Mula Pertujukkan Saat Selasa Wage di Kawasan Malioboro Jogja

Biasanya Malioboro dipenuhi PKL (pedagang kaki lima) dan terlihat kendaraan lalu lalang. Namun tiap Selasa Wage penampilan tempat wisata populer ini terlihat berbeda. Setiap Selasa Wage para pedagang di Malioboro libur dan tak ada kendaraan bermotor lewat.

Mulai pertengahan 2019 lalu, Selasa Wage pun dimeriahkan pentas budaya. Bahkan pada awal Januari 2020, saatSelasa Wage di Malioboroada flashmob tarian tradisional Golek Menak yang menjadi viral di media sosial. Buat kamu yang liburan di Malioboro saat Selasa Wage akan dapat bonus pertunjukan budaya, seperti flashmob tarian tradisional.

Namun, belum dapat dipastikan apakah pementasan serupa akan dilaksanakan setiap Selasa Wage. “Pementasan yang ngisi berasal dari masyarakat sekitar 70 80% jadi belum tahu ada pentas apa,” jelas Singgih Budiyanto, Kadispar DIY saat dihubungi Kompas.com , Rabu (15/01/2020). Menurut Singgih, penampil pada Selasa Wage harus mendaftarkan diri di UPT Malioboro.

Kamu dapat update informasi mengenai pertunjukan Selasa Wage di akun Instagram Dispar DIY. Semenjak pertengahan 2019 lalu, beberapa pihak terkait memutuskan untuk menambah atraksi menarik pada Selasa Wage yaitu pertunjukan seni budaya. Koordinasi pun dilakukan untuk menentukan titik pementasan, supaya tidak terlalu dekat dengan hiruk pikuk.

Ada pula beberapa peraturan mengenai pelaksanaan atraksi seni budaya. Di antaranya tidak boleh pentas di jalan raya dan tidak boleh menghambat Trans Jogja. Selasa Wage dipilih sebagai hari bagi PKL di Malioboro untuk beristirahat dari aktivitas ekonomi sekaligus bersih bersih. Inilah hari di mana kamu akan melihat sisi berbeda Malioboro tanpa hiruk pikuk ekonomi dari PKL.

Mereka akan libur mulai dari pagi sampai menjelang pagi keesokan harinya. Sementara itu mulai tahun 2019, untuk Malioboro bebas kendaraan dimulai pukul 14.00 sampai 22.00 WIB. Menurut Singgih Budiyanto, pengunjung akan menyesuaikan keadaan Selasa Wage. Apalagi magnet pariwisata Malioboro sudah cukup kuat, adanya Selasa Wage tak akan mengurangi daya tarik Malioboro.

“Saya lihat Selasa Wage malah ramai banget, ini justru menambah daya tarik tersendiri,” ungkap Singgih.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *