Heboh Tayangan Perseteruan Nikita Mirzani dan Elza Syarief, KPI Bereaksi, Berpotensi Melanggar Norma

Tayangan Hotman Paris Show yang mempertemukan Nikita Mirzani dan Elza Syarief sebagai pengacara Sajad Ukra, bikin heboh. Sebab, Nikita Mirzani mencak mencak kepada Elza Syarief sebagai kuasa hukum mantan suaminya itu. Buntutnya panjang. Elza Syarief yang merasa dilecehkan melaporkan Nikita Mirzani ke Mabes Polri.

Bagaimana tanggapan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menganggapi tayangan tersebut? Komisioner KPI Nuning Rodiyah menjelaskan jika KPI sudah mulai membahas tindakan lebih lanjut yang akan diambil untuk acara yang tayang di INews Tv itu. Rapat tersebut digelar KPI pada Selasa (3/9/2019) siang.

Hal itu diungkapkan Nuning saat dihubungi Wartakotalive.com via pesan Whats App. “Sebentar ya lagi dirapatkan,” kata Nuning mengkonfirmasi. Hingga kini hasil bulat keputusan rapat memang belum diumumkan secara resmi.

Namun kata Nuning acara tersebut berpotensi melanggar pasal pasal penyiaran. “Berpotensi melanggar pasal norma kesopanan, pengungkapan privasi dan ungkapan makian non verbal,” jelas Nuning. Seharusnya kata Nuning, program siaran dan pembawa acara program tidak melakukan pembiaran saat program siarannya menjadi ajang untuk memaki dan menelanjangi privasi seseorang.

Nuning berharap hal tersebut bisa menjadi pelajaran untuk acara televisi lainnya agar bisa memenuhi aturan yang sudah disepekati bersama. “Dan kepada lembaga penyiaran lain, diminta untuk mematuhi segala ketentuan yang telah diatur di pedoman perilaku penyiaran dan standar program siaran,” imbau Nuning. Ia juga berharap jika stasiun televisi membuat program program yang edukatif dan informatif.

Bukan program program sensasional semata. “Dan harus selalu menghadirkan program siaran yg edukatif dan informatif,” tandas Nuning. Gara gara Nikita Mirzani

Diketahui tayangan Hotman Paris Show belakangan menjadi pembicaraan publik. Hal tersebut lantaran acara tersebut menayangkan adegang Nikita Mirzani yang melabrak kuasa hukum mantan suaminya Elza Syarief. Di tayangan tersebut diperlihatkan jelas emosi Nikita Mirzani yang meledak saat melabrak Elza hingga melempar kacamata dan smartphonenya ke meja.

Disitu terlihat juga acara Tv tidak segera dihentikan. Bahkan pihak televisi menayangkan kembali acara tersebut ke channel Youtube mereka yang kemudian masuk trending Youtube. Dalam tayangan, ternyata Nikita Mirzani tidak mengetahui akan dihadirkan rivalnya di kasus hukum yang tengah menjeratnya. Ia sempat kaget saat Elza Syarief masuk ke dalam ruangan studio acara.

Di waktu terpisah Elza Syarief juga mengungkapkan bahwa dirinya sempat disembunyikan oleh kru acara agar tidak ketahuan Nikita Mirzani. Karena kata Elza, pengakuan Hotman Paris jika keberadaannya diketahui Nikita Mirzani, maka bintang tamu tersebut akan pulang dan menolak untuk tampil. "Lu itu dulu, sembunyi, supaya si perempuan (Nikita Mirzani) itu dateng," lanjut Elza Syarief yang mengaku meniru ucapan Hotman Paris kala itu.

"Nanti dia kalau lihat kamu, nggak mau memberi keterangan," tambah dia seperti diberitakan Wartakotalive.com sebelumnya. Diketahui Elza Syarief merupakan kuasa hukum mantan suami Nikita Mirzani, Sajad Ukra. Elza dan Sajad Ukra laporkan Nikita Mirzani ke Polda Metro Jaya karena dianggap telah melanggar pasal diskriminasi anak.

Pemidanaan itu berlandaskan keengganan Nikita mempertemukan anaknya dengan Sajad. Hotman Paris Sebut Tidak Ada Satu Kata Nikita Mirzani yang Lecehkan Elza Syarief Nikita Mirzani yang meluapkan emosinya kepada pengacara Elza Syarief dalam acara Hotman Paris Show ternyata berbuntut panjang.

Merasa dilecehkan, Elza Syarief akan melaporkan Nikita Mirzani dengan pasal UU ITE dan fitnah. Selain Nikita, Elza mengatakan, ada kemungkinan ia akan melaporkan juga pengacara Hotman Paris sebagai pemandu acara dan dua perempuan sebagai pemandu acara pendukung. Menanggapi masalah ini, Hotman Paris menyebut tindakan yang dilakukan Nikita saat itu bukanlah penghinaan atau pelecehan terhadap Elza Syarief.

Meski berbicara dengan nada tinggi, menurut Hotman yang disampaikan Nikita masih dalam substansi perkara yang tengah dibahas dalam acara tersebut. "Misalnya teriak teriak apakah memang benar mantan suaminya itu kirim uang Rp 6 juta per bulan sesuai keputusan pengadilan untuk nafkah anak," ujar Hotman ketika dihubungi Kompas.com, Senin (2/9/2019). "Jadi tidak ada satu kata pun yang bersifat menghina atau melecehkan," lanjut Hotman.

Adapun, dalam acara tersebut, Elza Syarief yang datang mewakili mantan suami Nikita, Sajad Ukra mengeluhkan bagaimana kliennya sulit menemui anak yang kini ada dalam asuhan Nikita. Menurut Elza, semua yang dikatakan Nikita adalah ungkapan kekecewaannya atas pernyataan tersebut. Hotman mengaku semakin heran ketika Elza juga berniat melaporkannya karena dianggap diam dan tak membela saat rekan seprofesinya tersebut menerima luapan emosi Nikita.

"Jadi suruh tanya ke Farhat dan Elza dimana diatur undang undang bahwa barangsiapa membiarkan orang bicara emosi tinggi bisa dipidana. Ada enggak pasalnya," ujar Hotman. Menurut Hotman, justru Elza yang menghina Nikita dengan mengatakannya stres. Padahal saat itu emosi Nikita sudah mulai mereda.

Menurut Hotman, kejadian lengkap perkara ini dapat ditonton secara langsung dalam video yang telah diunggah di YouTube. Ia berharap masyarakat dapat menilai siapa yang salah dan benar dalam masalah ini Pengacara Elza Syarief menyebut Nikita Mirzani merupakan informan pihak kepolisian Polda Metro Jaya.

Elza Syarief sempat mendengar video yang diucapkan Nikita Mirzani bahwa ia bisa memenjarakan teman sesama artisnya yang terjerat narkoba. "Ternyata dia informan polisi untuk bisa menangkap artis artis temannya yang narkoba. Sehingga dia seakan akan dia menjadi polisi sehingga kalau dilaporin kandas! Dia kebal hukum," katanya. "Ada ko videonya dia bilang 'siapa berani sama gue, ayo kalo berani artis aja dua masuk penjara karena narkoba' gatau tuh bener apa nggak," ujar Elza Syarief.

Menanggapi pernyataan mengejutkan Elza Syarief, Nikita Mirzani membuat sebuah pengakuan. Mulanya Nikita Mirzani bertanya dari mana pengacara wanita itu mendapatkan informasi demikian. Ia lantas meminta Elza Syarief menampilkan bukti dari perkataannya.

"Ibu Elsa tahu darimana nyai cepu? Nikita Mirzani kembali mengajukan sebuah pertanyaan kepada Elza Syarief "Adakah artis yang Nyai kenal baik ketangkep narkoba?" tulis Nikita Mirzani.

Nikita Mirzani menjelaskan teman temannya sesama artis adalah sosok pekerja keras yang tak membutuhkan narkoba. "Teman teman artis Nyai semua pekerja keras yang enggak butuh narkoba," tulis Nikita Mirzani. Nikita Mirzani meminta Elza Syarief untuk tidak memfitnah dirinya.

Pasalnya fitnah bukan lah hal yang baik. "Jangan fitnah itu enggak baik bu," tulis Nikita Mirzani. Nikita Mirzani juga menyarankan Elza Syarief agar tak sembarangan dalam berbicara.

"Jangan suka ngasal kalau ngomong itu," tulis Nikita Mirzani. Ia meminta Elza Syarief untuk mencontoh dirinya. Pasalnya Nikita Mirzani mengaku setiap perkataan yang keluar dari mulutnya adalah sebuah fakta.

"Contoh ini Nyai.. Apa aja yang keluar dari mulut Nyai itu fakta bukan ongol ongol," tulis Nikita Mirzani.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *