Harus Mengasingkan Diri Karena Dianggap Najis Ritual ‘Mematikan’ bagi Wanita Menstruasi di Nepal

Sebuah desa di Nepal memiliki ritual unik yang harus dijalankan warganya. Tradisi unik di Nepal ini dilakoni khusus bagi wanita yang sedang menstruasi. Ritual ini merupakan tradisi kuno Chhaupadi yang memaksa wanita menstruasi hidup terpisah dari warga desa.

Tradisi turun temurun ini mengharuskan wanita yang sedang menstruasi mengasingkan diri. Konon, masyaralat Nepal menganggap wanita yang sedang menstruasi kotor dan najis sehingga mereka harus berada jauh dari rumah. Mereka kemudian mengasingkan diri di dalam pondok kecil di tengah hutan.

Kondisi pondok ini sangat jauh dari kata nyaman, tidak terawat dan kotor. Penyebab kematian wanita yang diasingkan bisa karena berbagai faktor. Ada yang terserang flu, menghirup asap, gigitan ular hingga serangan binatang karena gubuk terpencil tempat mereka mengasingkan diri sangat tidak aman.

Dikutip dari laman DailyMail, Minggu (8/12/2019) seorang perempuan bernama Parbati Buda Rawat (21) ditemukan tewas pada hari Minggu (1/12/2019). Ia meninggal saat menjalani praktik ritual menstruasi ini. Pada tahun 2017, nasib nahas juga menimpa seorang wanita berusia 19 tahun sernama Tulasi Shahi.

Waktu diasingkan, Shahi digigit ular dua kali, di kepalanya dan kaki. Pada bulan Desember 2016, seorang gadis 15 tahun dari desa Gajra di distrik Accham meninggal karena menghirup asap selama diasingkan di gubuk. Asap itu berasal dari perapian yang ia nyalakan untuk menghangatkan tubuh.

Pemerintah Nepal telah mencoba melarang praktik chhaupadi, tapi aktivis yang menentang tradisi ini mengatakan itu tidak berhasil. Radha Poudel, seorang aktivis yang bekerja melawan chhaupadi mengatakan, "masih butuh jalan panjang untuk benar benar mengakhiri praktik ini." Chhaupadi sebenarnya sudah dilarang sejak 2005.

Tetapi tetap masih saja diberlakukan di beberapa wilayah di Nepal. Terutama di daerah barat yang terpencil dan konservatif. Praktik ini terkait dengan ajaran Hindu yang meyakini bahwa wanita yang sedangmenstruasiatau setelah melahirkan tidak boleh disentuh.

Perempuan diusir dari rumah, dilarang menyentuh makanan, pemuka agama, ternak dan laki laki. Mereka dipaksa tidur di pondok pondok terpencil yang dikenal sebagaichhau goth.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *