Gulai Kambing Jadi Menu Open House KBRI di Fiji Rendang Opor Lontong

Lontong, opor, sambal goreng ati, rendang, gulai kambing, telur balado, sate dan sayur, serta kerupuk dan berbagai sambal jadi makanan istimewa dalam open house Idul Fitri di Kedutaan Besar RI di Suva, Fiji, Kamis (6/6/2019). Fiji secara resmi memutuskan Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Kamis (6/6/2019). Duta Besar RI di Suva merangkap Kiribati, Nauru dan Tuvalu Muhammad Benyamin Scott Carnadi menyelenggarakan Open House dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Kamis, (6/6/2019).

Warga Negara Indonesia (WNI) yang hadir lahap menyantap makanan khas Idul Fitri, lontong, opor, sambal goreng ati, rendang, gulai kambing, telur balado, sate dan sayur, serta kerupuk dan berbagai sambal. Tidak ketinggalan, kue nastar, kue putri salju, kastengel, kue nagasari dan es campur menambah lidah berdendang. Imam Shalat adalah Ustadz Darul Hafiz dan Khatib adalah Ustadz Abdul Aziz, di mana keduanya bekerja di Fiji Muslim League, seperti MUI di Fiji.

Berbagai hiburan disuguhkan pada acara tersebut sebagai pelepas rasa rindu pada kampung halaman di Indonesia seperti Karaoke dangdut yang ikut menyemarakkan perayaan. Berbagai kegiatan Idul Fitri khas Indonesia dilakukan agar warga Indonesia yang hadir dapat menghibur dan melepaskan rasa rindu Lebaran di kampung halaman bersama keluarga, teman, dan handai taulan. Banyak WNI yang dari luar ibukota Suva bahkan berbondong bondong ke Wisma Indonesia.

Warga Negara Indonesia di Fiji dengan berbagai ragam latar belakang datang, termasuk pebisnis, dokter, ahli agama, dosen, dan professional lainnya, dan mayoritas TKI dan ABK, para pahlawan devisa negara. Friends of Indonesia (Kolega Indonesia dari Warga Negara Asing di Fiji dan Pejabat Pemerintah Fiji) juga hadir pada Open House dan dapat merasakan suasana lebaran di Indonesia, termasuk para pejabat negara, korps diplomatik, dan pengusaha. Ternyata salah satu Friends of Indonesia juga ikut melepas rindu terhadap makanan favoritnya dan dengan senangnya mengatakan “Saya akan foto es campur ini dan mengatakan kepada keluarga dan teman di kampung halaman bahwa saya menemukan rasa kue favorit pada masa kecil saya dalam bentuk minuman, " ujar salah seorang yang hadir.

Acara Open House ini diselenggarakan agar dapat mempererat hubungan dan menjaga tali silaturhmi, dan bagi WNI tentunya melepas rindu saat Lebaran di negeri tercinta, Indonesia.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *