Dokter Ingatkan Jangan Panik Langsung menuju Rumah Sakit Saat Timbul Gejala Penyakit

Pandemi virus corona (covid 19) membuat masyarakat yang merasakan sakit langsung panik dan ingin segera memeriksakan diri ke rumah sakit. Dokter spesialis penyakit dalam dan vaksinolog Omni Hospitals Pulomas, dr. Dirga Sakti Rambe pun kembali mengingatkan agar masyarakat tenang dan coba laluka langkah penyembuhan di rumah dulu. Jika mengalami gejala seperti covid 19 dan sempat kontak langsung dengan orang lain yang dinyatakan positif terjangkit covid 19 atau baru bepergian dari zona yang rawan covid 19 barulah segera periksa ke rumah sakit.

"Tidak perlu langsung ke rumah sakit kalau ada gejala, batuk, demam kecuali ada gejala kontak langsung sama orang positif jalau harus memeriksakan diri," kata dr. Dirga saat live instagram bersama Gue Sehat, Senin (13/4/2020). Kemudian jika muncul sesak di bagian dada yang sangat berat serta gejala covid 19 lainnya bahkan tubuh terasa lemas sebaiknya segera ke rumah sakit untuk mendapat perawatan medis. "Kalau gak ada riwayat kontak dan tidak sesak bisa dirumah dulu karena bisa saja common cold biasa tapi kalau disertai dada sesak, gak hisa makan, gak bisa minum itu wajib ke dokter," kata dr. Dirga.

Saat ke rumah sakit pastikan gunakan masker dan jika dinyatakan baik baik saja oleh dokter dan tidak butuh perawatan intensif jangan berlama lama di rumah sakit. Segera pulang dan membersihkan diri agar terhindar dari virus dan penyakit. "Jadi ada anjruan mengurangi kunjungan ke rumah sakit kalaau gak penting penting banget, jadi pertama pakai masker angap aja semua di rumah sakit infeksius, kedua hangan lama si rumah sakit kalau antre lama pulang dulu," pungkas dr. Dirga.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *