Curiga Mata Anaknya Aneh di Foto, Wanita Ini Hadapi Kenyataan Pahit saat Berkonsultasi dengan Dokter

Naluri seorang ibu biasanya tepat ketika ada sesuatu yang mencurigakan dengan si anak. Salah satu kasus yang belakangan menjadi perbincangan adalah seorang ibu di Queensland mendapati sang anak idap kanker langka. Mengutip 7news.au, awalnya seorang ibu bernama Kellie Perren tersebut mengamati ada yang aneh di mata putrinya, Isabelle, yang berusia lima tahun.

Dia menemukan cahaya putih di bola mata putri kecilnya itu. Mula mula, Kellie Perren tidak menganggap hal tersebut serius. Tapi kejadian aneh kembali terjadi.

Saat ia memotret putrinya dengan flash kamera, titik putih itu semakin terang dan mencolok. Tak cuma flash kamera, saat terkena sorotan cahaya, titik putih itu juga kentara jelas. Ia segera membawa Isabelle ke rumah sakit, takut takut ada yang salah dengan kesehatan mata putrinya.

Ketakutannya terjawab, ternyata sang putri divonis mengidap retinoblastoma atau kanker mata yang langka. Kellie juga mesti menerima kenyataan pahit, ada banyak tumor di dua mata Isabelle. Namun, mata kirinya yang paling banyak mengalami kerusakan.

Dokter segera mengambil tindakan. Tindakannya adalah mengangkat mata gadis kecil itu dan menggantinya dengan prostetik. Beruntungnya, Kellie tak begitu terlambat membawa Isabelle ke rumah sakit.

Sebab jika dibiarkan lebih lanjut, penyakit langka itu bisa mengancam nyawa Isabelle. Atas kisah hidupnya ini, Kellie pun diundang pada acara di TV untuk menyebarkan kesadaran tentang deteksi dini kanker. “Saya tak bisa menjelaskannya. Saya terus bertanya kepada orang orang apakah mereka bisa melihatnya tetapi tidak ada yang bisa melihatnya."

"Rasanya seperti hantu berjalan sangat cepat, seperti Anda tidak bisa melihatnya dengan baik,” kata Kellie, dikutip dari The Sun. Meski demikian, Kellie tetap bersyukur putrinya diberi kekuatan lebih untuk menghadapi cobaan ini. Menurutnya, Isabelle masih bisa membaca, menulis, dan belajar.

Saat ditanya bagaimana perasaannya tentang kondisinya, Isabelle juga tampak tegar. "Tidak apa apa untuk memiliki sakit (kanker) ini,” ujar gadis kecil itu. Dari berbagai sumber, Retinoblastoma adalah kanker yang bermula di retina atau selaput jala mata.

Retinoblastoma menyerang retina yang terletak pada dinding bola mata bagian belakang. Retinoblastoma umumnya menyerang anak anak di bawah usia lima tahun, dan sulit dideteksi. Biasanya para orang tua mendeteksinya dengan cara mudah.

Yakni rutin memeriksa foto anak anak mereka. Meski dikatakan kanker yang langka, tetapi penyakit ini memiliki tingkat kesembuhan 90% jika terdeteksi lebih awal. Dua penyebab utama kanker jenis ini adalah mutasi genetik yang diwarisi dari orangtua atau perkembangan mutasi pada rahim ibu.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *