Cicipi Nasi Lengko yang Mirip Nasi Pecel Bosan Makan Empal Gentong Saat Liburan menuju Cirebon

Bosan makan empal gentong atau nasi jamblang saat liburan ke Cirebon? Cobalahkuliner Cirebon yakni nasi lengko. Nasi lengko banyak juga disebut pecelnya Cirebon, Jawa Barat.

Makanan ini terdiri dari nasi yang diberi aneka sayuran rebus disiram sambal kacang. Namun tentu ada perbedaan nasi pecel dan nasi lengko. Salah satu rumah makan nasi lengko legemdaris di Cirebon adalah Nasi Lengko Haji Barno di Jalan Pagongan Nomor 15 B, Cirebon.

Rumah makan ini buka sejak 1976. "Sayur untuk nasi lengko ini ada tauge dan timun, terus potongan tempe dan tahu. Kalau di sini (RM Haji Barno) ciri khasnya pakai kucai, di tempat lain beda beda," kata Agus, karyawan di RM Nasi Lengko Haji Barno, Senin (7/10/2019). Generasi ketiga RM Nasi Lengko Haji Barno, Abdul menyarankan untuk menyantap nasi lengko caranya sayuran, sambal kacang, dan nasi diaduk dengan merata.

Jika terasa kurang manis, bisa menambahkan kecap. Di RM Nasi Lengko Haji Barno kecap yang ditaruh di setiap meja makan adalah kecap khas Cirebon, merek Matahari. Kecap yang tidak terlalu manis dan kental ini terasa pas jika disantap dengan sambal kacang yang rasanya tidak medok.

Jika dibanding dengan pecel, nasi lengko memiliki rasa lebih tawar dengan tekstur makanan lebih garing karena potongan timun dan tauge. Uniknya nasi lengko, biasanya selalu disajikan dengan sate kambing. Abdul mengatakan entah mengapa ini menjadi sebuah tradisi di Cirebon.

Bahkan tak ada pilihan sate ayam atau lauk lain di RM Nasi Lengko Haji Barno. Sate kambing di RM Nasi Lengko Haji Barno ini melengkapi nasi lengko yang rasanya tidak medok. Apalagi daging sate kambingnya mudah dikunyah, dan lemak kambing juga empuk sehingga terasa meleleh di lidah.

Sebagai pendamping, ada sambal kacang tambahan yang rasanya sama dengan sambal kacang nasi lengko untuk cocolan sate kambing. Harga seporsi nasi lengko Rp 15.000, sedangkan sate kambing seporsi isi 10 tusuk dihargai Rp 40.000. RM Nasi Lengko Haji Barno buka dari pukul 06.00 22.00 WIB.

Jadi bisa dibilang nasi lengko adalah makanan di segala waktu bagi orang Cirebon. Namun, Agus mengatakan biasanya rumah makan ramai saat siang hari atau waktu makan siang.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *