Bisa Coba Manfaatkan Beras 6 Cara Mudah Mengatasi Ponsel Terendam Air

Musim hujan dengan intensitas tinggi membuat beberapa wilayah di Indonesia banjir. Saat banjir, air secara cepat akan menggenangi seluruh tempat. Tidak menutup kemungkinan ketika seseorang sibuk memindahkan perabotan ia menjatuhkan ponsel ke genangan air.

Jika kamu satu di antara orang tersebut, jangan khawatir. Kamu harus cepat mengambil ponsel yang terjatuh ke dalam genangan air. Meski casing Hp terlihat rapat, air secara cepat akan masuk ke dalam ponsel.

Semakin lama ponsel terendam, semakin besar kemungkinan air akan merusak hardware. Namun, memang harus direlakan apabila ponsel jatuh ke tempat yang membayakan. Selain itu, juga jangan pernah mencoba mengambil ponsel yang terendam dalam keadaan di charge .

Itu akan membahayakan karena kemungkinan aliran listrik masih ada. Jika saat menyelamatkan dari genangan air dan ponsel masih hidup, segera untuk mematikannya. Ponsel aktif dalam keadaan basah akan merusak hardware.

Bisaterjadi korsleting dalam mesin ponsel. Setelah ponsel sudah dipastikan dalam keadaan mati, segera bersihkan dan keringkan. Jika baterai atau slot memori bisa dilepas, segera lepaskan.

Sama halnya jika ponsel memiliki port atau panel belakang, segera lepas. Baca: Hindari penggunaan alat pengering rambut (hair dryer) dalam usaha mengeringkan ponsel.

Panas yang dihasilkan dari alat tersebut justru dapat merusak komponen internal ponsel secara permanen. Jangan letakan ponsel di oven atau freezer, meskipun metode ini diisukan dapat memperbaiki. Sebaiknya hindari.

Meski terlihat bagian luar sudah kering, namun bukan berarti bagian dalam juga kering. Untuk mengeringkan keseluruhan, gunakan beras. Masukan ponsel dalam beras, lebih baik tempatkan beras dalam mangkuk atau wadah yang lebih besar dari ponsel.

Usahakan seluruh bagian ponsel tertutup oleh beras. Diamkan selama satu malam atau lebih. Beras dapat menghilangkan kelembaban yang ada dalam ponsel.

Setelah dirasa ponsel telah benar benar kering, uji dengan menyalakannya. Jika tidak menyala, segera untuk membawanya ke tempat servis terdekat.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *