Bersalaman dan Ucapkan Taqabballallahu Minna Wa Minkum saat Lebaran, Ini Jawabannya

Mengucap Taqabballallahu Minna Wa Minkum saat lebaran, jangan lupa ini jawabannya! Jangan salah lagi saat mengucap doa saat bersalaman di lebaran Idul Fitri. Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan 1 Syawal 1440 H jatuh pada besok Rabu (5/6/2019).

Ada banyak tradisi dan kebiasaan yang dilakukan orang Indonesia saat Lebaran. Di antaranya bersilaturahmi sembari maaf memaafkan. Namun ada yang salah kaprah, saat melakukan tradisi saling bersalam salaman di hari raya lebaran.

Kebanyakan orang menggunakan doa Minal Aidin Wal Faidzin. Tapi, rupanya Minal Aidin Wal Faidzin bukanlah doa ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri yang benar, melainkan Taqabalallahu minna wa minkum. Kata Min artinya 'termasuk', Al aidin artinya 'orang orang yang kembali', Wal Artinya 'dan', serta Al faizin Artinya 'menang'.

Jika dimaknai secara harfiah, kalimat Minal 'Aidin wal Faizin dalam bahasa indonesia menjadi 'Termasuk dari orang orang yang kembali sebagai orang yang menang'. Dalam budaya Arab, ucapan yang disampaikan ketika menyambut hari Idul Fitri adalah Taqabbalallahu minna waminkum. Kemudian menurut riwayat, ucapan nabi ini ditambahkan oleh orang orang yang dekat dengan zaman nabi dengan kata kata Shiyamana wa Shiyamakum.

Sehingga, bila digabungkan kedua kalimat itu, makan akan bermakna 'Semoga Allah SWT menerima amalan puasa saya dan kamu'. Jika ingin menyampaikan pernohonan maaf lahir batin, bisa menggunakan doa berikut ini. "As alukal afwan zahiran wa bathina atau Kullu aam wa antum bikhair"

Artinya: Semoga sepanjang tahun Anda dalam keadaan baik baik. Adapun salah satu doa yang biasa diucapkan saat kita mengucapkan selamat idul fitri kepada orang lain adalah Taqabbalallahu minna wa minkum dan ada yang menjawabnya dengan minna waminkum taqabbal ya kariim. Sementara dari sumber lain, Taqabbalallahu minna wa minkum dapat dijawab dengan doa yang sama, Taqabbalallahu minna wa minkum.

Jawaban ini seperti perintah Allah dalam Alquran, وَإِذَا حُيِّيتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا بِأَحْسَنَ مِنْهَا أَوْ رُدُّوهَا “Jika kalian diberi salam dalam bentuk apa pun maka balaslah dengan salam yang lebih baik atau jawablah dengan yang semisal” (QS An Nisa’ : 86).

Wallahu a’lam bish shawab.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *