Beli Perusahaan Perangkat Lunak Analytics, Google Alphabet Inc Bayar Tunai Rp 36 Triliun

Google Alphabet Inc, Kamis menyatakan akan membeli Looker, sebuah perusahaan analitik data senilai US$ 2,6 miliar atau sekitar Rp 36 triliun dalam bentuk tunai. Langkah yang diambil ini merupakan akuisisi besar pertama di bawah kepemimpinan Chief Executive Google Cloud baru Thomas Kurian. Divisi cloud computing Google menduduki peringkat ketiga secara global setelah Amazon.com Inc dan Microsoft Corp dalam hal pendapatan.

Kurian mengatakan kepada Reuters dalam sebuah wawancara bahwa menggandakan analitik menjadi masuk akal ketika dia ingin mengisi kekosongan dalam unitnya. Looker dan Google Cloud memiliki budaya yang sama dan berbagi lebih dari 350 pelanggan termasuk Blue Apron Holdings Inc, dan Hearst Communications Inc. "Ketika kami melihat bagaimana kami memperluas portofolio kami, [data dan analitik] adalah segmen di mana kami memiliki kekuatan," kata Kurian.

Looker yang berbasis di Santa Cruz, California, yang didirikan pada 2012 dengan mempekerjakan sekitar 800 orang. Perusahaan ini telah mengumpulkan US$ 281 juta modal ventura dan bernilai US$ 1,6 miliar dalam putaran pendanaan tahun lalu.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *