Analisis Alasan Repsol Honda Depak Adik Marc Marquez yang Belum Jalani Debut di MotoGP

Pebalap MotoGP asal Spanyol, Pol Espargaro,tampaknya akan diumumkan sebagai pebalap kedua Honda untuk musim 2021. Sementara itu, adik Marc Marquez, Alex Marquez akan diganti setelah satu musim bersama saudara kandungnya dalam tim Honda. Pemikiran di balik langkah tersebut dianggap keras oleh banyak orang karena Alex Marquez belum melakukan debut balapan MotoGP setelah penundaan yang disebabkan pandemi virus corona.

Bos Honda, Alberto Puig belum mengonfirmasi kepindahan Pol Espargaro. Tetapi, dia telah menahan diri untuk tidak menyangkal berita tersebut. "HRC selalu berpikir tentang masa kini dan masa depan strukturnya, dari kategori yang lebih rendah hingga MotoGP," kata Puig dilansir BolaSport.com dari Race.com .

"Keadaan musim ini tidak berkembang seperti biasa. Tetapi, itu tidak berarti bahwa Honda berhenti merencanakan masa depan terbaik untuk semua pembalap mereka. Kami tidak memiliki kontrak yang ditandatangani dengan siapa pun yang belum diumumkan," ucap Puig. Jadi mengapa Honda ingin mengganti juara dunia Moto2 2019 sebelum musim yang tertunda bahkan dimulai? Singkatnya, itu bisa jadi karena sekarang mereka tidak memiliki kemampuan menempatkan Alex Marquez di tempat pertama.

Alex terpilih setelah Jorge Lorenzo mengumumkan pensiun pada akhir musim 2019 setelah semusim bersama Honda. Alex Marquez dianggap tidak siap untuk tekanan dalam balap motor kelas premier. Dalam tes pramusim, Alexmampu menyelesaikan lebih dari 10 hari pengujian di Valencia, Jerez, Sepang, dan Losail.

Ini akan memberi banyak data untuk dianalisis.Ada dua alasan mengapa Honda mengambil risiko mengecewakan juara dunia Moto2 mereka yang tak terhentikan di sisi lain garasi. Pertama, dengan Marc yang sekarang terikat dengan Honda dengan kontrak empat tahun, sangat tidak mungkin bahwa apa pun yang terjadi pada Alex akan mengubah komitmen Marc yang sangat bermanfaat bagi tim. Kedua, kepedulian besar terhadap perasaan pembalap tidak benar benar dalam pola pikir Honda.

Ditambah lagi, tidak ada jaminan bahwa mundur dari tim pabrikan berarti Alex keluar dari keluarga Honda. Perpindahan ke tim satelit Honda, misalnya, akan menjadi pilihan cerdas. Didukung dengan baik oleh perusahaan bir seperti Estrella Galicia, raksasa asuransi Aviva, dan rantai toko pakaian Pull and Bear, Alex Marquez membawa uang yang membuat bos LCR, Lucio Cecchinello akan mempererat kerja sama dengan Honda.

Namun, ini bisa menjadi berita buruk bagi Cal Crutchlow (Inggris). Jika Alex Marquez yang lebih muda mendapat tempat di LCR, mungkin lebih baik pada tahap awal kariernya, karena ini adalah langkah yang menurut banyak orang harus dikejar Honda untuk 2020.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *