8 Menu Sarapan ala Orang Paris, Wajib Dicoba Saat Berlibur ke Prancis

Liburan ke Prancis, kamu tidak boleh melewatkan wisata kuliner yang tak kalah menggugah selera. Salah satunya adalah sajian kuliner yang ada di Paris ketika kamu akan sarapan. Di Paris, Prancis, kamu bisa menemukan beragam sajian yang biasa disantap oleh penduduk lokal sebagai menu sarapan.

Mulai dari Soupe a l’oignon hingga Crème Brulee, jadi menu yang tak boleh kamu lewatkan. Simak beragam menu sarapan ala orang Paris yang bisa kamu santap ketika sedang liburan ke Prancis. Soupe a l’oignon adalah sajian berupa sup hangat yang terbuat dari kuah sapi bertekstur kental dengan tambahan potongan bawang putih.

Sup ini biasanya paling nikmat disantap selagi hangat dengan potongan dagingan ayam dan parutan keju gruyère. Cara menikmatinya pun cukup unik, bisa dengan croutons, atau dengan potongan roti Baguette (roti tongkat). Biasanya orang Prancis tidak pernah menyantap makanan berat ketika sarapan, cukup dengan secangkir kopi dan sepotong roti saja.

Biasanya roti yang dinikmati salah satunya adalah Pain au chocolat atau yang dalam bahasa Indonesia berarti roti coklat. Pain au Chocolat memiliki bahan dan bentuk yang sama dengan jenis roti croissant yang berlapis tipis tipis. Namun perbedaannya pain au chocolat diisi dengan lelehan cokelat di dalamnya.

Di Prancis paling enak menyantap pain au chocolat dengan secangkir espresso hangat. Croissant adalah roti yang paling mudah ditemukan di sudut sudut Prancis. Bahkan croissant dianggap sebagai roti paling enak di dunia menurut CNN Travel.

Roti croissant ini berbentuk seperti keong yan dengan bagian dalam yang berongga dengan cita rasa perpaduan lezat dan gurih di lidah. Menurut sejarah, roti ini berasal dari Eropa untuk merayakan kemenangan pasukan Franks atas pasukan Umayyad dalam peperangan di Tours pada tahun 732. Sedangkan dalam cerita yang lain, roti ini diciptakan pertamakali di Buda atau Vienna pada tahun 1683 untuk merayakan kemenangan pasukan Kristen atas Ottoman pada peperangan memperebutkan kota ini.

Saat ini croissant bisa menjadi satu sajian sarapanmu ketika sedang liburan ke Prancis. Beef Bourguignon adalah sajian dengan bahan dasar daging sapi, yang juga dikenal dengan sebutan Beef Stew in Red Wine atau Beef Burgundy. Beef Bourguignon biasanya disajikan dengan kentang tumbuk (mash potato) yang ditambah dengan rebusan babu carrot dan kacang polong.

Pada awalnya beef bourguignon adalah masuk adalam sajian yang mewah, namun saat ini kamu bisa memesan di banyak restoran di Prancis. Sajian ini pun dianggap sebagai satu hidangan daging sapi paling lezat yang pernah ada. Croque Monsieur adalah camilan yang bisa kamu jadikan menu sarapan selama liburan di Prancis.

Croque Monsieus ini berupa sandwich yang berisi ham dengan lelehan keju yang menggoda selera makanmu di pagi hari. Foise gras pada awalnya adalah sebuah hidangan mewah yang hanya dipersembahkan untuk raja raja pada zaman Romawi, namun sekarang kamu bisa menemukannya di banyak tempat. Sajian ini terbuat dari hati angsa yang dihidangkan seperti pasta yang digorong atau dipanggang bersama saus khas dari Prancis.

Bila kamu liburan ke Prancis, jangan lupa untuk mencoba menikmati foise fras sebagai satu menu sarapanmu. Ingin sarapan dengan menu salad di Prancis? kamu bisa mencoba memesan salad nicoise yang menyehatkan. Salad nicoise sendiri terdiri dari ikan tuna, kacang panjang, irisan tomat, telur rebus, potongan kentang, dan buah zaitun.

Sajian ini cocok sebagai menu sarapan untuk kamu yang menyukai sayuran dan makanan segar. Menu untuk sarapan terakhir di Prancis adalah Crème Brulee yang disajukan dengan mangkuk kecil. Crème Brulee sendiri terbuat dari campuran vanilla, susu, dan buah buahan, dengan tektur yang lembut dan pada bagian atasnya terdapat gula caramel yang "menggigit".

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *