6 Ramuan Alami Atasi Kolesterol Naik Setelah Santap Kuliner Bersantan Kala Lebaran

Merayakan Hari Raya Idul Fitri tak lengkap dengan menyantap makanan bersantan, mulai dari opor ayam, rendang, sambal goreng, hingga gulai. Berhati hatilah, mengonsumsi semua makanan bersantan ini karena bisa menyebabkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh meningkat. Makanan bersantan itu berbahaya karena mengandung saturated fatty acid atau lemak tak jenuh.

Hal ini berbeda dengan lemak tak jenuh yang berada di alpukat, yaitu unsaturated fatty acid yang tidak berbahaya. Makanan bersantan boleh disantap tetapi jumlahnya dibatasi. Kolesterol merupakan penyebab utama munculnya penyakit pembunuh berbahaya seperti penyakit jantung, hipertensi, dan stroke

Jika sudah terlanjur menyantapnya dalam jumlah banyak dan tak ingin kadar kolesterolnya naik, kamu bisa mengatasinya dengan obat alami. Banyak tanaman yang secara turun temurun terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol maupun trigliserida darah. Karena murah dan mudah didapat, tanaman ini banyak direkomendasikan.

Mengonsumsi tanaman obat, baik daun, biji, akar, maupun buahnya, tidak berarti makan tanaman itu sebanyak banyaknya. Konsumsilah ramuan tersebut dengan komposisi dan dosis tertentu. Karenanya, cara membuat ramuan, komposisi, dosis, dan waktu pemakaian harus dipelajari dengan baik lagi benar.

Siapkan daun salam segar sebanyak 20 lembar lalu rebus dalam air bersih sebanyak 600 ml. Dinginkan, saring rebusan ini dan minumlah sebanyak 2 kali dalam 1 hari. Siapkan 1 buah labu siam ukuran sedang lalu dikupas dan potong kecil kecil.

Setelah itu potongan labu siam bisa dijus atau diparut. Peras airnya dan saring. Kumpulan airnya dan minumlah sekaligus.

Siapakan bawang putih sebanyak 3 siung lalu tumbuk hingga halus. Seduh dengan air hangat sebanyak 150 ml dan minumlah sebanyak 2 kali dalam sehari. Siapkan 10 gram rimpang kunyit segar.

Setelah itu kunyit dibersihkan, lalu diiris tipis tipis. Rebus dalam air 2 gelas hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air disaring dan diminum sekaligus.

Lakukan hal ini 3 kali sehari, selama 12 minggu. Siapkan rimpang temulawak segar sebanyak 3 ruas jari. Temulawak dikupas kulitnya lalu diparut.

Tambahkan 1/2 cangkir air panas dan biarkan mengendap. Setelah dingin, endapannya dibuang dan airnya diminum. Lakukan setiap hari.

Siapkan 30 gram akar seledri segar Akar seledri dicuci bersih, lalu direbus dengan 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air disaring lalu minum sekaligus.

Nah, mudah kan? Jadi tidak perlu takut kadar kolesterol naik meski kamu menyantap makanan bersantan.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *