6 Penyakit Berbahaya yang Tanda-tandanya Diawali dengan Kembung Terus-terusan, Termasuk Kanker

Jika sering merasakan kembung, patut waspada karena ada 6 penyakit berbahaya yang salah satu tandanya adalah perut kembung. Perut kembung merupakan situasi dimana perut terasa penuh dengan gas dan rasanya sakit. 10% hingga 30% orang yang menderita kembung karena sangguan pencernaan, menstruasi, sembelit, dan alergi makanan biasanya bersifat sementara.

Namun, jika menjadi kronis maka itu mungkin merupakan tanda sesuatu yang lebih jahat. Melansir dari Bright Side berikut ini tanda tanda yang wajib kalian ketahui tentang perut kembung yang kronis. Jika kembung menjadi kronis, kami sarankan anda ke dokter.

Ada beberapa organ yang terletak di daerah perut seperti pankreas, lambung, usus besar, rahim dan ovarium. Jika kanker berkembang di salah satu organ ini, itu dapat menyebabkan kembung yang tidak dapat dijelaskan. Karena itu, jika anda merasakan kembung yang terus menerus dan peningkatan ukuran perut secara tiba tiba, itu bisa menjadi tanda kanker.

Ketika seseorang berada di bawah tekanan kronis, hormon seperti kortisol. Dalam situasi seperti ini, hormon pencernaan tidak diproduksi optimal. Sehingga dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan menyebabkan orang tersebut merasa kembung.

Divertikulitis adalah peradangan kantong kecil yang disebut divertikula yang berkembang di sepanjang dinding usus. Gejala gejalanya meliputi timbulnya nyeri perut bagian bawah secara tiba tiba. Di Asia, rasa sakit biasanya di sisi kanan sementara di Amerika Utara dan Eropa, rasa sakit itu di sisi kiri bawah.

Gejala lain mungkin termasuk mual, diare, sembelit, dan kembung. Inflammatory bowel disease (IBD) adalah suatu kondisi peradangan yang terutama mempengaruhi usus besar dan usus kecil. Ini bisa menyebabkan diare, sakit perut, dan bahkan kembung.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan penyakit Crohn lebih cenderung tidak toleran laktosa. Intoleransi laktosa dapat menyebabkan pembentukan gas yang kemudian dapat menyebabkan kembung. Penyakit hati, yang dapat disebabkan oleh penggunaan alkohol, hepatitis C atau kanker, dapat menyebabkan penumpukan cairan dan menyebabkan kembung.

Jika kembung disebabkan karena masalah di hati, maka anda mungkin juga merasa lelah, mudah memar. Infeksi saluran kemih (ISK) dapat membuat anda merasa perlu untuk sering ke kamar mandi. Atau biasanya disebut dengan anyang anyangan. Rasanya seperti tekanan di perut, sakit, atau kembung.

Anda mungkin juga mengalami demam, kedinginan, mual, dan muntah. Kembung juga bisa disebabkan oleh infeksi ginjal yang parah.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *