5 Daftar Aplikasi Pinjam Online yang Terdaftar di OJK

Fintech dengan layanan memang sedang menjamur belakangan ini. Tapi, sebagai calon nasabah kamu juga harus berhati hati, karena semakin banyak pula fintech nakal yang tak hanya merugikanmu secara finansial, tapi juga mampu mengacaukan hidupmu. Untuk mengetahui fintechyang dijamin aman, salah satunya bisa dilakukan dengan melihatnya dari website resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Akan tetapi, untuk kamu yang ingin jasa peminjaman uang terbaik, berikut adalah daftar 5 aplikasi pinjaman dana online yang aman dan diawasi OJK. Merupakan penyedia kredit online yang memberikan pinjaman dalam bentuk limit kredit mencapai Rp 30 juta. Limit tersebut nantinya bisa digunakan untuk belanja online di lebih dari 250 e commerce rekanan Kredivo, dan dicairkan dalam bentuk dana tunai. Berbeda dengan lembaga keuangan konvensional yang biasanya mensyaratkan status sebagai karyawan berpenghasilan tetap dan kepemilikan kartu kredit selama satu tahun, persyaratan Kredivo hanyalah sebagai berikut:

1. Berusia minimal 18 tahun 2. Berpenghasilan minimum Rp 3 juta per bulan 3. Berdomisili di Jabodetabek, Kota Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Pulau Bali, Malang, Makassar, Yogyakarta, Solo, Cirebon, dan Sukabumi.

Untuk kamu yang mau pinjam online dana tunai di Kredivo, harus mendaftar Akun Premium terlebih dahulu. Pilihan tenor untuk opsi Pinjaman Tunai Kredivo mulai dari 30 hari, 3 bulan, hingga 6 bulan. Maksimal dana yang bisa kamu pinjam akan menyesuaikan dengan limit tenor 6 bulan pada akun Kredivo mu. Apabila limit pada tenor 6 bulanmu sebesar Rp15.000.000, maka dana maksimal yang bisa dicairkan sejumlah Rp15.000.000. Bunga yang dikenakan pada layanan pinjaman dana tunai ini mulai dari 2,95% per bulan. Proses pencairan dana hanya memakan waktu hitungan menit. Kredivo sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK, jadi kamu tak perlu khawatir untuk bertransaksi di sana. TunaiKita memberikan pinjaman dalam bentuk dana tunai mulai dari Rp1 juta hingga Rp 20 juta untuk calon debitur yang berdomisili di area Jabodetabek. Perihal tenor pinjaman, TunaiKita menyediakan mulai dari 10 hari, hingga 6 bulan. Terdapat dua jenis layanan yaitu Pinjaman Jangka Pendek, dan Cicilan. Pinjaman Jangka Pendek tenor pinjamannya 10 30 hari. Sedangkan Cicilan, mulai 3 bulan sampai 6 bulan. Pinjaman dari TunaiKita menawarkan kemudahan syarat dan kecepatan proses pencairan. Namun, tentu saja kemudahan itu tidak gratis.

Bunga yang dikenakan oleh TunaiKita untuk produk pinjaman jangka pendek adalah 13,5% untuk tenor pinjaman antara 10 hari sampai 30 hari. Ditambah lagi, biaya layanan harian 0,7 0,95 persen atau 21 28,5 persen per hari. Simulasinya, bila kamu hendak meminjam Rp 5 juta di aplikasi ini untuk tenor pinjaman 30 hari, maka bunga atau biaya yang harus kamu bayarkan mencapai Rp1.425.000. Sehingga, total yang harus kamu bayarkan saat jatuh tempo adalah Rp 6.425.000. Bunganya mencapai 28,5 persen dari total pokok utang yang kamu ajukan. TunaiKita juga sudah terdaftar di bawah pengawasan OJK. Aplikasi pinjam online ini memiliki cara kerja yang sama dengan Kredivo. Selain bisa digunakan untuk belanja online, Akulaku juga bisa digunakan berbelanja di merchant offline. Limit maksimal yang diberikan Akulaku sebesar Rp 25 juta. Untuk berbelanja menggunakan Akulaku di e commerce rekanan mereka, kamu harus memiliki riwayat belanja terlebih dahulu di situs Akulaku dengan minimal transaksi sejumlah Rp 200 ribu, atau memiliki riwayat belanja di e commerce tersebut selama 6 bulan terakhir. Setelah itu barulah kamu bisa melakukan pembelanjaan di e commerce rekanan Akulaku pilihanmu. Selesai menentukan barang pilihanmu, kamu akan diminta untuk mengisi data diri dan membayar uang muka atau down payment. Setelah itu, kamu akan mendapatkan nomor akun virtual. Terdapat proses verifikasi terlebih dahulu dari pihak Akulaku. Apabila pembelian disetujui, maka barang akan segera dikirimkan. Sedangkan jika pembelianmu ditolak, uang muka yang telah dibayarkan akan di refund oleh pihak Akulaku. Pastikan limit yang kamu punya sesuai dengan ketentuan dari Akulaku, karena Akulaku memiliki limit yang berbeda beda di setiap merchant.

Mereka pun punya layanan KTA kilat atau mirip dengan pinjaman tunai online Kredivo. Pinjaman uang tunai yang bisa diberikan Akulaku maksimal sebesar Rp 2 juta, dengan tenor pengembalian paling lambat 30 hari. Suku bunga yang dikenakan Akulaku untuk layanan KTA kilat ini sebesar 1% per hari. Akulaku juga telah terdaftar di OJK. Aplikasi jasa peminjaman uang selanjutnya yang diawasi oleh OJK adalah Amartha. Berbeda dengan ketiga kredit online di atas, Amartha merupakan fintech peer to peer lending untuk menghubungkan langsung pengusaha mikro dengan pemodal secara online. Diluncurkan sejak tahun 2010, hingga kini sudah tercatat lebih dari Rp 900 miliar dana sudah digelontorkan pada konsumenpinjam online dari aplikasi ini. Untuk sistem peminjamannya, Amartha memperbolehkan konsumennya meminjam dana dengan jumlah minimal Rp 3 juta pada awalnya. Setelah itu, jumlah limit pinjaman bisa naik setelah pinjaman pertama dikembalikan dengan tepat waktu. Kelebihan dari aplikasi pinjam onlineini adalah kamu tak cuma bisa menjadi orang yang meminjam, melainkan juga bisa menjadi orang yang memberi pinjaman.

Sama seperti Amartha, Investree juga bergerak di bidang peer to peer lending. Pengguna Investree tak cuma bisa pinjam online dengan menjadi borrower, melainkan juga bisa memberikan pinjaman dengan menjadi lender. Investree memiliki pendanaan syariah, yang membuatnya beda dari pinjaman online lain. Dalam sistem syariah yang dimiliki oleh Investree, para lender bisa mendapatkan return sebanyak 20 persen. Sedangkan mereka yang menjadi peminjam alias borrower hanya dikenakan bunga dengan nilai 0,9 persen saja di jasapinjam onlineini.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *