3 WNI di Wuhan yang Batal Pulang menuju Indonesia karena Tidak Lolos Screening Kesehatan Menkes

Menteri kesehatan Terawan Agus Putranto menjelaskan gagal pulangnya tujuh Warga Negara Indonesia (WNI) ke Indonesia dari Wuhan, China. Ia menyatakan tiga WNI yang batal pulang ke tanah air karena sakit dan itu tidak sesuai dengan standar organisasi kesehatan dunia (WHO). Sehingga ketiga WNI tersebut tak boleh diberangkatkan.

Hal itu dikatakannya dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR, Senin (3/2/2020). "Tiga WNI tidak lolos screening dari pemerintah China, intinya yang sakit tidak boleh berangkat. Mau sakit apapun tidak boleh diberangkatkan. Mau ibaratnya sakit mata itu tidak boleh, karena itu ketentuan dari WHO," ujar Terawan di Ruang Rapat Komisi IX DPR, Senayan, Jakarta. Terawan melanjutkan, empat WNI sisanya itu menolak dievakuasi.

Ia mengungkapkan keempat WNI tersebut telah merasa nyaman di Wuhan. "Declare dari Cina, 238 WNI semua dinyatakan sehat, dari 245 data yang sebenarnya awalnya ada. 4 orang mengundurkan diri karena merasa nyaman di Wuhan, Hubei, dan mereka menyampaikan surat pernyataan," ujar Terawan.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *